Pengaruh Kesehatan Terhadap Kebahagiaan Anak

Hidup yang sehat merupakan kunci dari hidup yang bahagia. Tidak hanya pada orang dewasa saja, hal tersebut juga terjadi dalam kehidupan anak. Pasalnya, dengan kesehatan yang terjaga, kebahagiaan anak akan muncul di mana anak-anak bisa melakukan beragam aktivitas harian dan berkumpul bersama teman-teman mereka.

Tentu, karena adanya hubungan tersebut, maka menjaga kesehatan anak adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hanya dengan upaya menjaga kesehatan yang maksimal saja nantinya anak akan senantiasa sehat, aktif dan tentu saja selalu ceria.

Hubungan Kesehatan dan Keceriaan Anak

Dalam sebuah studi yang berjudul The Gut-Brain Axis: Interactions Between Enteric Microbiota, Central and Enteric Nervous Systems, dinyatakan bahwa ada hubungan atau komunikasi antara otak dan usus. Hubungan tersebut sangat dipengaruhi oleh microbe yang ada di dalam usus di mana microbe tersebut berpengaruh pada kepercayaan diri anak.

Tidak hanya itu, dalam studi yang lain juga dipaparkan adanya hubungan antara kondisi pencernaan dengan kebahagiaan anak. Studi yang dilakukan menemukan bukti bahwa adanya iritasi pada sistem pencernaan yang sering terjadi di awal kehidupan, terutama pada anak, nantinya akan meningkatkan risiko depresi serta gangguan kecemasan.

Membahagiakan Anak Dengan Menjaga Sistem Pencernaan

Tentu, agar anak senantiasa merasa bahagia, maka menjaga sistem pencernaan anak merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh orang tua. Ada beberapa cara tepat untuk dilakukan berkaitan dengan upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan anak.

Beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Menjaga pola konsumsi anak

Pencernaan senantiasa berhubungan dengan pola konsumsi. Oleh karenanya, agar anak memiliki sistem pencernaan yang baik dan sehat, maka Anda perlu menjaga pola konsumsi mereka.

Dalam hal ini, berikan makanan bergizi yang memiliki kandungan nutrisi terutama serat pada anak. Serat akan menjadi agen yang andal untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, perhatikan waktu dan porsi makan pada anak.

  • Memberikan makanan yang mengandung probiotik

Probiotik menjadi hal yang penting dalam usaha menjaga kesehatan sistem pencernaan anak. Sesuatu yang disebut juga dengan bakteri baik ini akan menyeimbangkan mikroorganisme di dalam sistem pencernaan sehingga sistem pencernaan bisa bekerja dengan optimal.

Ada cukup banyak makanan yang memiliki kandungan probiotik tinggi. Beberapa diantaranya adalah yogurt, apel, dan lainnya.

  • Memenuhi kebutuhan cairan

Agar anak memiliki sistem pencernaan yang baik, maka Anda juga harus memenuhi kebutuhan cairan mereka. Ya, cairan juga akan membantu melumat makanan sehingga pekerjaan sistem pencernaan menjadi lebih mudah. Cek kebutuhan cairan anak dan penuhi dengan maksimal setiap hari.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang perlu Anda lakukan terkait menjaga kesehatan sistem pencernaan. Lakukan upaya yang tepat dan maksimal untuk menjaga kondisi sistem pencernaan tersebut demi kebahagiaan anak yang senantiasa bersemi.