Mending Beli Mobil Baru atau Bekas? Ini Pilihan Terbaiknya

Membeli mobil dianggap penting terlebih bagi kamu yang memiliki mobilitas cukup padat. Akan tetapi sebelum memutuskan untuk membeli mobil idaman, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih jika kamu adalah seorang pemula. 

Mending beli mobil baru atau bekas? Membeli mobil baru, konsekuensinya kamu perlu mencicil dengan jumlah besar. Sementara membeli mobil bekas, paling tidak kamu harus menyiapkan dana 10 persen dari harga mobil untuk perbaikan. Tapi, hal tersebut bisa kamu tanggulangi dan lakukan perbaikan secara bertahap, apalagi spare part mobil bisa kamu beli dengan layanan kredit online cicilan bulanan

Nah, sebelum memutuskan apakah membeli mobil baru atau mobil bekas, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Pertimbangkan Harga Mobil dan Budget yang Dimiliki

Dengan membeli mobil baru, kamu memang akan diberi jaminan unit yang tanpa cacat dan tidak adanya kerusakan akibat pemakaian. Meskipun ada kerusakan, masih dalam garansi pabrik. Tetapi, mobil baru memang memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil bekas. 

Apabila kamu memiliki budget lebih, tidak ada salahnya membeli mobil baru. Akan tetapi jika kamu memiliki budget pas-pasan, mobil bekas dengan keadaan yang masih bagus bisa menjadi pertimbangan.

Jangan tergoda harga murah ya, kamu perlu mengecek keseluruhan unit yang akan kamu beli. Jika tidak, kamu akan mengeluarkan budget lebih untuk melakukan perbaikan di bengkel. Melakukan servis mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit lho. 

Lakukan Test Drive 

Ini merupakan hal penting untuk dilakukan sebelum membeli mobil, terutama mobil bekas. Dengan test drive, kamu bisa langsung tahu apakah mobil tersebut sesuai dengan keinginan atau tidak. 

Kamu bisa secara merasakan kelebihan dan kekurangan dari fitur-fitur mobil yang kamu cari. Jadi, tidak ada salahnya untuk meminta test drive terlebih dahulu kepada pihak penjualnya sebelum kamu memutuskan untuk membeli. Langkah ini berlaku untuk mobil baru maupun mobil bekas supaya kamu benar-benar puas dan merasa nyaman berada di balik kemudinya. 

Garansi Mobil Baru dan Bekas

Garansi merupakan jaminan kualitas yang umumnya ditawarkan produsen untuk meyakinkan konsumennya. Dengan membeli unit mobil baru, kamu tentu mendapatkan garansi spesial dari produsen. Biasanya garansi mobil berlaku untuk garansi mesin, garansi servis gratis selama beberapa waktu, garansi suku cadang, dan lainnya. 

Nah, jika kamu membeli unit bekas, kamu juga bisa mendapatkan garansi dari toko atau penjual dengan periode yang singkat. Garansi tersebut hanya berlaku terbatas dan hanya beberapa penjual saja yang berani memberikan garansi mobil bekas. Beberapa showroom berani memberi jaminan lebih, berupa garansi mesin dan transmisi pada mobil bekas yang kamu pilih. 

Jika tidak ada garansi pembelian dari showroom mobil bekas, ini yang perlu dipersiapkan. Penggantian suku cadang. Tidak usah khawatir jika sudah punya bengkel langganan. Spare part sekarang bisa dicicil lewat kredit online cicilan bulanan seperti Kredivo. Kredivo sudah bisa digunakan untuk transaksi menggunakan QRIS. 

Keuntungannya tentu saja kamu bisa membeli secara offline langsung ke bengkel spare part yang menerima pembayaran QRIS. Tidak menutup kemungkinan kamu tetap bisa membeli dengan skema cicilan secara online. Cicilan bisa diatur hingga 12 bulan dengan bunga hanya 2,6% saja. Malahan cicilan 3 bulan tidak perlu bayar bunga, hanya bayar biaya admin saja 3%. Jadi, perbaikan bisa dilakukan secara bertahap bukan? Solusi ini akan membantu kamu mendapatkan mobil bekas dengan kondisi yang lebih prima setelah diperbaiki, tetap dengan harga yang terjangkau.

Perhatikan Pajak Kendaraan Bermotor 

Saat memutuskan untuk membeli mobil, hal yang perlu kamu ingat adalah besarnya biaya pajak kendaraan bermotor yang dibebankan untuk mobil yang dibeli. Biaya pajak untuk mobil keluaran baru terhitung lebih tinggi daripada mobil keluaran tahun lama. 

Apalagi kalau kamu membeli unit yang tergolong dalam kelas mobil mewah yang punya harga di atas Rp500 jutaan. 

Kamu akan diuntungkan dalam hal besaran biaya pajak tahunan jika memilih untuk membeli unit seken. Bisa dibilang biaya pajak mobil lama sangatlah ringan, sehingga mobil bekas sangat menguntungkan untuk dimiliki.

Kelengkapan Dokumen

Kamu membutuhkan waktu lebih lama agar dokumen-dokumen resmi mobil baru lengkap. Berbeda halnya jika membeli mobil bekas, kamu sudah mendapatkan semuanya. 

Apabila kamu sudah menemukan mobil bekas yang cocok dan disukai, kamu bisa langsung mengendarai mobil tersebut setelah melakukan pembelian karena mobil sudah siap pakai dan surat-surat sudah tersedia. Namun, kamu harus benar-benar teliti dan jeli. Pastikan semua dokumen lengkap, seperti BPKB, STNK, lembar pajak, maupun faktur pembelian. 

Jadi lebih baik mana, beli mobil baru atau bekas? Semua tentu disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kamu. Kalau ada budget lebih tidak ada salahnya kok membeli mobil baru yang sesuai dengan keinginan kamu. 

Tapi kalau tidak memiliki budget lebih, kamu tetap bisa membeli mobil seken dengan keadaan yang masih normal dan tentunya memiliki fitur yang mumpuni sesuai kebutuhan. 

Semoga ulasan di atas membuat kamu tidak salah pilih dalam menentukan unit yang kamu beli, ya!