Adakah Makanan Anjing Kecil yang Sehat dan Aman?

Makanan anjing kecil termasuk hal utama ketika kamu memilih untuk memelihara anjing sejak kecil. Kebanyakan orang memilih memelihara anjing sejak kecil adalah agar dapat melihatnya tumbuh dan melatihnya supaya menjadi penurut.

Nah, pemberian makanan yang tepat untuk puppy atau anak anjing akan berpengaruh pada pertumbuhan anjing mu. Sama seperti hewan lain, anak anjing perlu diberikan makanan yang tepat alias tidak sembarangan

Hal ini karena pemberian makanan yang asal-asalan dapat menimbulkan bahaya atau berakibat fatal untuk anjing. Lantas apa sajakah makanan yang cocok dikonsumsi oleh anjing yang masih kecil? Berikut penjelasannya.

3 Makanan Anjing Kecil yang Aman untuk Dikonsumsi

Ketika puppy atau anak anjing sudah berusia sekitar 4 minggu, asupan ASI dari induknya sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuhnya. Karena itulah diperlukan makanan anjing kecil untuk melengkapi kebutuhannya itu.

Makanan yang tepat untuk puppy akan membawa pengaruh baik untuk pertumbuhannya. Nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut juga dapat membuat tulang dan giginya kuat, memperbesar otot, serta membuatnya memiliki energi yang cukup untuk bermain. Oke, ini dia tiga jenis makanan yang cocok untuk puppy.

Makanan Basah

Makanan anjing kecil yang baik dan sehat untuk dikonsumsi oleh anak anjing diantaranya adalah makanan basah. Makanan ini memiliki rasa dan aroma yang lezat sehinngga disukai oleh anak anjing. Selain itu, wet food atau makanan basah juga memiliki tekstur yang lunak sehingga memudahkan mereka dalam mengunyah.

Tetapi ingat, jangan pernah membiarkan wet food yang sudah dibuka selama beberapa jam diluar kulkas. Hal ini karena kemungkinan makanan tersebut akan dihinggapi bakteri yang kemudian menyebabkan penyakit.

Makanan Kering

Selain makanan basah, makanan kering atau dry food juga ternyata baik untuk dikonsumsi oleh anjing yang masih kecil. Hanya saja, kamu perlu memberikan sedikit tambahan air pada makanan tersebut agar tidak terlalu keras.

Untuk makanan kering, kamu bisa menaruh nya di dalam wadah biasa saja, karena sifatnya kering jadi ia tidak mudah dihinggapi bakteri ataupun busuk.

Makanan Padat

Kamu pasti menginginkan anjing peliharaanmu tumbuh dengan berat badan yang ideal bukan? Nah hal ini bisa kamu lakukan dengan memberikan makanan padat pada mereka.

Berikan makanan padat ini sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari. Untuk awal-awal, kamu bisa mencampurkan makanan padat ini dengan makanan kaleng terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya diare pada anjing karena pastinya perut mereka akan shock apabila langsung diberikan makanan padat tanpa penyesuaian.

Sebagai tambahan informasi, anak anjing yang sehat akan terlihat ceria dan energik, serta berbulu tebal. Selain itu, kotoran dari anak anjing yang sehat berwarna coklat, dimana itu berarti ia sudah memapu mencerna nutrisi yang diberikan.