5 Manfaat Olahraga Bagi Anak-Anak yang Dilakukan Secara Rutin

Table of Contents

Pada dasarnya olahraga membawa pengaruh yang besar bagi tubuh anak. Tidak hanya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan serta menurunkan berat badan saja. Namun juga memiliki fungsi yang lainnya, sepert menjaga kesehatan jantung.

Salah satu manfaat olahraga bagi anak-anak adalah meningkatkan sistem imunitas tubuhnya. Terlebih lagi anak-anak berada dalam masa pertumbuhan yang membutuhkan perlindungan maksimal agar seluruh organ dalam tubuhnya dapat bekerja dengan maksimal.

Manfaat Olahraga Bagi Anak-Anak

Manfaat olahraga bagi anak-anak akan semakin terasa jika dilakukan secara rutin sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Jangan sampai menguras seluruh energinya hingga tubuh malah kekurangan energi. Karena fokus aktivitas ini adalah untuk mendukung perkembangan hingga optimal.

Mencegah Kegemukan pada Anak

Aktivitas fisik yang berat dapat membantu anak memiliki berat tubuh yang ideal. Pasalnya, tubuh tidak akan sempat menyimpan cadangan energi dalam bentuk tumpukan lemak. Oleh karena itu, agar menjaga berat badan tetap ideal, rutinlah berolahraga sebanyak seminggu sekali.

Meningkatkan Kepadatan Tulang Anak yang Sedang Berkembang

Anak yang berolahraga secara teratur akan memiliki kepadatan tulang yang sangat baik. Hal ini disebabkan kalsium terserap dengan optimal. Manfaatnya bagi anak di masa mendatang adalah menurunkan potensi osteoporosis. Pilihan olahraganya adalah melompat dan berlari.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jenis olahraga aerobik ternyata dapat membantu mengoptimalkan kerja jantung anak. Sebab, dapat meningkatkan denyut jantung hingga dapat membawa oksigen lebih banyak ek seluruh tubuh, Dengan demikian sistem tubuh akanĀ  berjalan dengan optimal.

Rutinitas melakukan olahraga secara fisik ini dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner yang berupa penyumbatan sel pembuluh darah jantung pada masa dewasanya.

Olahraga aerobik ini dapat dilakukan sebanyak tiga kali seminggu. Contohnya adalah berenang, berlari, bermain basket, bersepeda keliling, serta bermain sepakbola dan futsal. Agar lebih menyenangkan disarankan orang tua berolahragalah bersama anak.

Meningkatkan Kekuatan Otot dan Koordinasi

Dengan berolahraga, anak dapat melatih kekuatan ototnya. Otot yang kuat dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus sehingga dapat menyelesaikan segala macam pekerjaan yang membutuhkan hal tersebut.

Selain itu pula, rutin berolahraga akan meningkatkan kemampuan berkoordinasi karena dapat melatih kontrol gerakan dengan perintah otak dan sinyalnya. Dengan meningkatnya kemampuan koordinasi anak, maka kognitifnya pun akan lebih optimal.

Meningkatkan Kapasitas Berpikirnya

Telah dikatakan bahwa olahraga melatih tubuh untuk mengontrol gerakan antara saraf dengan otak. Dengan begitu kemampuan kognitifnya akan semakin berkembang akan sedari kecil dilatih untuk mengkoordinasikan gerakan dengan kemampuan berpikirnya,

Selain itu pula, berolahraga secara rutin juga melatih anak untuk berkonsentrasi dan memfokuskan diri pada tugas. Selain itu, pada banyak olahraga yang melibatkan tim, anak akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan yang lainnya.

Rutinlah berolahraga untuk mendapatkan manfaat olahraga bagi anak-anak. Dengan demikian, tumbuh kembangnya akan optimal, dan buah hati dapat mencapai semua cita-citanya.