5 Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Anda dan Keluarga

Table of Contents

Manfaat air putih bagi tubuh tidak hanya sebagai pelarut, namun memiliki fungsi lain yang bisa tidak diduga. Paling sederhananya saja menjaga tubuh dari dehidrasi yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mengalami pecah-pecah.

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

Manfaat air putih bagi tubuh sama  sekali tidak dapat diabaikan, Kendati demikian, masih banyak orang tidak mengabaikannya, dan cenderung lebih mengkonsumsi minuman yang memiliki rasa. Padahal, dari sisi manfaat, kegunaanya jauh lebih besar bagi tubuh.

Mencegah Terjadi Batu Ginjal

Air merupakan pelarut berbagai macam zat dalam tubuh. Dalam jumlah yang cukup, ia akan membantu ginjal mengeluarkan semua pengotor yang dapat terlarut dalam air melalui saluran kencing.

Namun, jika volume air dalam tubuh berkurang, maka dalam jangka waktu yang lama, pengotor tersebut akan mengendap dalam ginjal. Pada akhirnya akan membentuk endapan yang sulit dikeluarkan kembali melalui saluran kencing karena ukurannya lebih besar. Endapan itulah yang dikenal sebagai batu ginjal.

Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup akan membantu tekanan darah tetap stabil. Pasalnya, akan membantu menjaga kekentalan darah serta melarutkan zat-zat yang dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah.

Volume air yang berkurang dalam tubuh akan mengakibatkan ketidak seimbangan elektrolit, seperti natrium dan kalium yang memiliki fungsi penting untuk menjaga kestabilannya. Dengan demikian, minum air putih dalam jumlah terukur, secara tidak langsung dapat menjaga tekanannya.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Selain menjaga kestabilan tekanan darah, volume air yang cukup dapat mencegah Anda dari berbagai penyakit kardiovaskular. Antara lain jantung, stroke, serangan jantung, dan pengentalan darah.

Pasalnya, air putih yang cukup dalam tubuh dapat mencegah terjadinya dehidrasi, sehingga fungsi jantung akan terjaga. Efek lainnya adalah pembuluh darah akan mengalami relaksasi sehingga alirannya tetap terkontrol.

Mencegah Sembelit

Anda mungkin pernah mengalami sembelit atau sulit BAB. Selain kekurangan serat, salah satu faktor pencetusnya adalah kurangnya cairan dalam saluran cerna. Akibat sisa buangan akan menjadi lebih padat dari seharusnya.

Masalah ini dapat ditangani dengan kembali mengkonsumsi air putih sesuai dengan anjuran. Ditambah dengan memakan serat yang berasal dari sayur dan buah. Dalam beberapa hari, BAB Anda akan kembali seperti semula lagi.

Menjaga Tingkat Konsentrasi

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang sesuai dengan anjuran akan membuat kewaspadaan Anda tetap terjaga.. Pasalnya tubuh tidak akan mengalami dehidrasi. Sebaliknya, jika volume air berkurang, maka salah satu tanda dehidrasi adalah berkurangnya kesadaran. Hal ini tentu saja akan mengurangi tingkat produktivitas Anda.

Jika dulu Anda menganggap manfaat air putih bagi tubuh hanya sekedarnya, ternyata tidak seperti itu. Konsumsilah air putih dalam jumlah yang disarankan  agar proses dalam tubuh yang melibatkan cairan ini dapat berlangsung dengan baik.